Tuesday, 7 November 2017

Hidup Berlalu





Biarlah kenangan lalu pergi dengan sendirinya setelah seminggu lalu aku sakit ditinggalkanmu,dan kini saatnya aku ingin pergi berolahraga sejenak menghilangkan rasa penatku setelah menghabiskan waktu untuk berbaring,yah pagi itu aku mulai jogging dipinggir taman,tak terasa durasi sudah menunjukan 60 menit kini saatnya aku beristirahat tempat duduk yang penuh bunga itu,saat aku mulai minum pandanganku tertuju kearah depan dan membayangkan terhadap seorang wanita yang berdiri didepan lalu lintas itu,aku membayangkan kejadian yang seharusnya udah aku harus lupakan,dia menolakku dengan percuma,haha betapa egoisnya diriku mengenalmu dengan waktu yang singkat dan menjatuhkanmu dengan seenakku,ya mungkin aku mulai iri dengan kepribadianmu yang begitu menarik untuk semua orang termasuk aku dapat terpikat olehmu,pertemuanku denganmu hanyalah sampah dipinggir jalan dan kupungut sia-sia,begitu menjijikan bisa mengenalmu,aku juga mengingat dengan sangat kuat mengenai awal ketemu kita hanyalah secara simple dan bisa terkesan iseng,aku menabrakmu ditengah jalanan yang begitu permai itu,alasanku untuk menjauhi hanyalah kau tidak bisa melupakan masa lalumu sehingga memberikan bayangan kabut hitam didepanku,dan membuatku merasa kebingungan dalam menentukan arah,sehingga aku harus terpaksa melupakanku,sudah tak sadar aku melamun selama 2 jam lebih,dan saat aku menoleh kedepan aku masih melihat kamu menunggu dipinggir lalu lintas itu,aku merasa penasaran ada apakah denganmu sekarang?setelah kutinggal?aku mencoba menghampirimu secara perlahan lahan,dan menyatakan keadaan sebenarnya,

saat kutanyai sedang apa kau disini?kau justru menjawabnya dengan muka muram dan cemberut tanpa berkata kata,sontak memberiku sedikit kaget aku berpikiran kamu hanya sakit ringan,aku bingung dengan perasaan hatimu,ragamu hingga jiwamu yang paling dalam sehingga tidak mampu mengucapkan sepatah kata untukku.

hari semakin sore dan aku mencoba menoleh keatas ternyata hari ini mendung dan akan segera turun hujan,

“kemudian aku bertanya lagi apa yang kamu lakukan disini?”kini dia menjawabnya dengan lirih,

”sebenarnya aku menunggumu tanpa kau sadari”,hah kata-katamu yang seperti itu keluar lagi(gunamku dala hati)
.
“yaudahlah hari semakin gelap mari kita pulang cepat”ucapku tegas,aku langsung menggandeng tangan kananmu dan mengajakmu berlari mengikuti arah langkah kakiku dengan cepat,tiba-tiba suatu peristiwa terjadi tak salah lagi,aku melihatmu jatuh dan kakimu tertekuk,tapi tak kuhiraukan..

“ayo bangun lagi”ucapku..

“ahh..kakiku sakit”ucapnya lirih

Dengan segera aku menggendongmu,sekitar 100 meter lagi aku melihat ada tempat kursi kosong aku berniat mengajakmu untuk duduk sebentar disana,setelah sampai disana aku mencoba menanyaimu

“Sakit?”ucapku

“Iya sedikit..”ucapnya dengan wajah polos

Saat aku memandang kedua matanya,aku tau pasti sangat sakit dan dia pasti berbohong,setelah aku menantap matanya yang tajam dan lebih mendalam ternyata aku terbayang terhadap suatu hal  ternyata diriku yang salah karena mengajakmu menggandeng tanganku untuk berlari,memang hasilnya lebih cepat tetapi sangat beresiko membuatmu celaka dan melukaimu,seharusnya aku harus membawamu untuk berjalan pelan pelan agar kamu tidak jatuh dan luka seperti ini,dalam hatiku kecil aku merasa bersedih karena melukaimu dengan keegoanku,aku merasa harus bertanggung jawab terhadap luka yang kubuat nantinya,karena aku tidak kuat menatap dinginnya wajahmu aku mengalihkan perhatianku terhadap suatu hal yah kali ini guguran pohon yang berjatuhan,aku melihat daun itu jatuh satu persatu mungkin karena layu dan mendapatkan tekanan angin sehingga jatuh berguguran,aku melihat pohon itu seperti membayangkan keadaanmu dan keadaanku sekarang,buram dan kelam..mungkin aku dulu  selalu menekanmu untuk menyukaiku karena aku takut kamu akan kembali ke masa lalu,aku terlalu iri dengan orang yang sebelumnya yang kamu lebih kenal aku merasa dirinya lebih baik dari diriku,tapi kini ku sadar dan mulai terinspirasi oleh dedauan layu yang jatuh berguguran tadi.“Bila daun jatuh mungkin karena sudah layu dan kelamaan akan tumbuh baru,begitu pula dengan hidup bila semua kenangan lama sudah cukup saatnya kamu harus menumbuhkan kenangan baru”dalam kata ini aku dapat mengartikannya aku harus menunggumu hingga kamu cukup menelan masa lalumu/orang sebelumku,aku harus lebih sabar menunggumu,hingga kamu menumbuhkan perasaan baru untukku,hem…aku mulai memandang pohon itu secara keseluruhan ternyata pohon itu tampak sayu dan akan segera mati,kini hatiku berbicara mengapa daun itu jatuh?“Daun itu layu mungkin karena pohonnya tidak terawat,kini ijinkan aku untuk menyirami pohon tersebut hingga tumbuh baik kelak dan selamanya”,aku berpikir kata kata ini untuk menjawab semua kegundahanmu setelah kau membuka hati kepadaku,udah tak terasa aku melamun agak lama dan aku mengubah pikiranku dengan terinspirasi tadi,aku menawari nya untuk berjalan lagi meskipun turun hujan lebat

“Yuk berjalan lagi nanti kamu naik dipundakku”ucapku dengan spontan dengan pernuh makna”bila kamu sakit,aku harus merasakan sakitmu meskipun dari sisi yang berbeda”

Iya..”jawabnya,kini wajahnya berubah tampak memerah

Saat aku mulai akan menggendongnya tiba tiba ada seseorang bapak tua yang turun dari sebuah mobil mewah menawariku sebuah payung dan mantel..

“Pakailah nak”ucapnya

“Iya makasih banyak pak”ucapku dengan senyum lebar

Sebuah pelajaran lagi yang kudapatkan “sesuatu dapat terjadi secara tidak sengaja dan terencana”,sangatlah indah bukan aku tidak mengetahui rencana ini hanyalah Tuhan yang berkuasa aku hanya bisa mempercainya

“Yuk buruan naik”ucapku

"Ayuk buruan…”ucapnya begitu senang

Dia melebarkan payung dan memakai sebuah mantel…

Loh kamu pakai mantelnya saja,aku kan udah ada payung”ucapnya

Tidak usah,nantinya tanganku licin dan gak bisa erat megangin kamu”alasanku inilah yang membuatku mengelabuhinya,karena dia benar mencintaiku aku harus berkorban melindunginya sebisaku dan semampuku itulah prinsip hidupku..

,kami berdua berjalan bersama sama menyusuri hujan yang lebat itu,....

aku mungkin tidak bisa berjalan dengan benar karena jalannya disana terlalu gelap,bersabar yah”ucapku lirih

..................................

aku akan membantu mu melihat jalan kedepan,fokuslah dan tenanglah mari kedepan kita jalan bersama aku tengah berada disisimu”jawabnya

kini aku hanya mampu membalasnya dengan tersenyum meskipun dalam hatiku berkata

“Tinggalah bersamaku,aku akan mengagumi segala kelebihanmu dan mencintai segala kekuranganmu”ucapku lirih

But I’m psycho

But I’m psycho

Kalian pasti tau apa itu orang psikopat?ya pastilah tau dimana orang gila yang tidak mengenal norma dan aturan dengan bertingkah laku kasar(ad verb:kekerasan) dengan seseorang,kelompok,komunitas dalam menjalankan hubungan sosialnya.

Terkadang kita bingung bagaimana mendapatkan perilaku seseorang yang dikatakan pshyco ataupun orang yang normal,ada yang berkata orang itu normal tetapi psyhco,ada orang yang bilang itu pshyco ternyata orang itu adalah normal,sebelum mengenali seseorang dan bisa menjudge dia adalah seorang PSHYCO,ketika kita mudah mengatakan pshyco!maka detik ini gue berani mengatakan semua koruptor,penjahat,pengemis adalah semua pshyco!lah kok bisa?koruptor bikin duit Negara jadi bokis! Alhasil adalah kegiatan gila merugikan kepentingan masyarakat,penjahat demikian,lah kok pengemis juga psycho?mas waras?ya iya dong katanya dengan mudah menganalisis wah pengemis enak aja minta uang begitu aja,sini bekerja 2948jam nonstop dan situ minta minta,eh terlebih tukang parkir cuman duduk diem nunggu motor colok rokok terima uang bayangin 200 motor sehari kali 30 x seribu itu,nah lo senilai gaji PNS kan!.eits itu hanya tanggapan orang bodoh mengenal arti pshyco.
Kembali  lagi manusia memiliki akal dan budi,dan manusia memiliki hati,3 aspek itu bisa berubah tergantung mood dan kondisi,tergantung bagaimana kita bisa mengatur dan mengelola ketiga hal tersebut maka semuanya adalah dalam kondisi normal,ketika seseorang dikatakan psyhco dia melakukan tindakan gila dengan menyakiti dirinya sendiri dan orang lain dan mengancam kehidupan orang lain secara continue konsisten dan tidak berubah serta harus dirawat di RSJ,sifat abrnormal ini didapatkan ada 2 faktor yakni genetic dan factor x,jelas kalian tau factor genetic adalah factor menurun berdasarkan artikel yang gue baca bahwa orang yang cenderung memiliki potensi bunuh diri,sebelumnya di keluarganya juga memiliki orang yang berperilaku demikian misalnya mbahnya nurun ke cucunya dst.

Tapi gue disini gak bakal bahas mengenai factor genetic,belajar sono di ilmu genetica,mari sejenak kita bermain dengan psikologi seseorang dengan seandainya kita menjadi si pelaku,apa sih yang menyebabkan seseorang hilang kendali menjadi brutal?its fine jawabannya adalah beragam,terbukti dan gue gambarkan dari 2 kasus aja,yang per tama gue pernah punya teman SMP dia pendiem,gak berani’an,eh setahunya SMA dia minta motor sama bonyoknya dan ngancam bunuh diri –“noh kali ini dia sudah manjat tower mas bro,sampe ada pemadam kebakaran mau ambil doi, yang kedua ada juga temen gue yang awalnya pendiem sopan entah kenapa gue gak tau dia jadi nakal minta ampun dan ahsudahlah gue pusing harus bercerita.

Temen temen gue bilang ah orang psikopat gila dsbt,tapi gue memandang itu bukanlah dari sifat orang yang dinyatakan psikopat,itu adalah kegagalan dari pengendalian amarah diri seseorang,karna beban yang diterima tidak sebanding dengan energi yang ada dalam otak(untuk berpikir dan menganalisa secara jernih).ok gue bakal bahas satu persatu

Yang pertama dan kedua adalah kasus hampir serupa tapi berbeda,yang per tama adalah ketika seseorang normal mendapatkan rasa keinginannya yang berlebih didalam dirinya kemudian tidak bisa tercapai hal yang dihasilkan adalah sebuah kebrutalan,rasa keinginannya yang berlebih ini disebabkan oleh lingkungan,ketika seseorang berperilaku di tempat orang “nakal” maka secara langsung dia akan terpengaruh,misalnya sebagai seorang intelejen harus memiliki pribadi yang tidak boleh goyah sekalipun menjalankan misi/spy harus memasang beberapa karakter yang sifat berbeda,kemudian untuk kasus selanjutnya ketika orang berubah sifat secara mendadak karena adanya tekanan social yang sifatnya persuasive dari lingkungannya,kenapa persuasive karena dengan adanya tindakan tekanan yang sifatnya mengajak dalam artian pelan pelan,secara tidak sadar pelaku terpengaruh oleh adanya gaya dari lingkungan,misalnya terdapat 3 orang (ABC),A selalu mempengaruhi B setiap saat membicarakan si C,dengan adanya komunikasi secara continue dan intens akan mempengaruhi cara berpikir orang B tersebut,selanjutnya secara tidak langsung apa yang di katakan si A adalah benar adanya  tanpa meninjau ulang dan melakukan penyelidikan secara individual,selanjutnya si C adalah korban yang awalnya tidak terpengaruh karena tekanan lingkungan yang kuat maka tidak ada kekuatan untuk melawan dan menahan diri sendiri,ingat orang baik/buruk juga di pengaruhi oleh lingkungan.akhirnya si korban akan berontak kepada orang yang berada di dekatnya,dan seolah olah perilaku “berontak”ini meyakinkan argument dari si A,tetapi dalam kontak psikologi si korban adalah wujud rasa tidak terima (tidak menggambarkan keadaan sebenarnya),tekanan secara persuasive ini akan merusak cara berpikir korban,sedangkan apabila si A melakukan tekanan secara koersif (kasar)hal yang ditimbulkan berupa chaos dan berujung konflik tetapi secara gambaran tidak merubah cara berpikir si korban.

Berdasarkan teknik analisis tersebut,secara sederhana orang yang psikopat adalah C yang sifatnya hanya korban,sedangkan pelaku sebenarnya dari orang yang dinyatakan psikopat adalah si A.kesalahan terbesar dari kasus tersebut adalah diletakkan pada statement ”jangan menilai orang dari cerita orang lain”,.

Perhatikan orang sekarang merusak perilaku seseorang lewat lingkungan,orang menjadi apatis terhadap lingkungan yang sedang dihadapi nya,sebagai contoh kembali lagi kenapa secara kajian mendalam ketika kita memahami pengemis,koruptor bukanlah psycho,gue pengen langsung ke pengemis,ketika kita memiliki pemikiran yang tidak rasional hanya menganggap pengemis sebagai sampah masyarakat kenapa demikian ?karena citra pengemis jadi jelek ketika ada orang berpura-pura mengemis contohnya di ibukota pengemis menyembunyikan tangan (difabel) sebagai wujud agar di kasihani oleh orang lain,tapi buktinya lihat manusia sekarang tidak akan peduli dengan lingkungan sekitarnya,apapun itu pengemis memang tidak mampu dan pengemis berpura-pura?sama sama tidak diperhatikan,betapa bodohnya kan kalau gue bilang secara kasar.

Kembali lagi setiap orang memiliki kebaikan secara naluri tidak bisa diungkapnya dan terselubung,empati,simpati seseorang adalah wujud yang berbeda beda.!silakan pahami sendiri


                                                                ****

Wednesday, 4 June 2014

Fotografi Makro Dengan Bantuan Kaca Pembesar

Fotografi Makro Dengan Bantuan Kaca Pembesar

Pernahkah anda melihat sebuah foto binatang kecil seperti semut atau serangga yang tampak besar? atau foto bunga yang tampak detail? foto semacam itu di dalam dunia fotografi disebut sebagai foto makro. Secara definisi, foto makro kira-kira artinya adalah foto yang diambil dengan cara yang sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi.
Kemampuan lensa menjadi point penting dalam pengambilan foto makro, tetapi dengan hanya menggunakan kamera ponsel atau gadget anda, anda dapat juga membuat foto makro. Contoh foto makro yang diambil dengan menggunakan kamera gadget ada pada blog saya ini, beberapa diantaranya adalah foto : semut-semut pemanjat, bunga palsu, dan pelangi di batang pohon.
Untuk bisa mendapatkan foto makro dengan menggunakan kamera gadget sebenarnya bisa dilakukan dengan  beberapa cara, anda bisa menggunakan kaca pembesar, lensa dari kamera analog bekas, dan menggunakan lensa makro khusus untuk kamera gadget yang sekarang sudah beredar di pasaran.
Saya sendiri baru mencoba satu dari ketiga cara di atas yaitu dengan menggunakan kaca pembesar dikarenakan kemampuan saya untuk menghadirkan alat bantuan pembuatan foto makro masih sebatas bisa menghadirkan lensa pembesar.
Saya membeli sebuah lensa  pembesar di salah satu toko alat tulis seharga 40 ribuan, jika anda ingin membeli juga cari lensa pembesar yang besar lensanya bisa mengcover lensa dari kamera gadget anda, hal ini dimaksudkan agar pada saat pengambilan gambar anda bisa mengambil semua gambar tanpa terhalangi oleh rangka pinggiran lensa pembesar tersebut. Selain itu, jika anda ingin mendapatkan pembesaran yang lebih maka cari juga lensa pembesar yang memiliki kemampuan pemebesaran yang lebih.
untuk pengambilan gambarnya, ini yang saya lakukan :
  • Saya menggunakan gadget dengan operating system android, saya mengambil gambar dengan menggunakan aplikasi “Camera FV-5″, untuk gadget lain silahkan buat  pengaturan yang mirip dengan pengaturan pada aplikasi saya ini : aktifkan menu makro (gambar bunga) dan mode anti getaran (hal ini dimaksudkan untuk membantu pengambilan gambar agar tidak goyang)
  • Tempelkan kaca pembesar pada lensa kamera gadget anda, usahakan minimal celah antara keduanya.
  • Dekati target foto anda sedekat mungkin, atur fokusnya sehingga gambar lebih jernih (ini bagian yang sulitnya, terutama pada target foto yang bergerak)
  • Pada saat klik tombol capture usahakan minimalisir gerakan tangan anda agar foto tidak menjadi goyang.
Demikian kira-kira tips mengambil foto makro menggunakan kamera gadget dengan bantuan kaca pembesar, semoga bermanfaat dan selamat berkarya

Incoming search terms:

  • cara menggunakan camera fv-5
  • lensa pembesar
  • membuat foto macro menggunakan aplikasi camera fv5
  • kamera kaca pembesar
  • foto makro menggunakan kaca pembesar
  • kaca pembesar buat lensa macro
  • cara membuat lensa makro dengan kaca pembesar
  • macro dengan kaca pembesar
  • macro menggunakan kaca pembesar
  • membuat lensa makro dari kaca pembesar